Rabu, 16 Oktober 2013

UNIVERSITAS NEGERI JEMBER



Assalamu'alaikum Wr. Wb ... 
Hay Teman teman semuanya aku punya cerita loh tentang Universitasku, yaitu UNIVERSITAS NEGERI JEMBER .. Ayookk rame rame baca yuukk ... 
               

Universitas Jember 









 Universitas Jember (UNEJ), adalah Perguruan tinggi yang terletak di Kabupaten Jember, yaitu sebuah Kabupaten yang diapit oleh dua gunung yaitu gunung Bromo dan gunung Ijen. Inilah yang menjadi titik kelebihan UNEJ dibandingkan perguruan tinggi yang lain. UNEJ memiliki lahan dengan luas 940.839 m2 dan berbagai macam tanaman tumbuh di dalamnya. Jika dilihat dari luar, tak nampak bahwa di balik pepohonan besar dan rindang ternyata berdiri pusat pendidikan di Jember. 
Ayoo sekarang kita lihat sejarah UNEJ itu ,,, 





Universitas Jember berasal dari gagasan dr. R. Achmad bersama-sama dengan R. Th. Soengedi dan R. M. Soerachman yang bercita-cita mendirikan perguruan tinggi di Jember. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut pada tanggal 1 April 1957, ketiganya membentuk panitia yang diberi nama Panitia Triumviraat dengan komposisi Ketua dr. R. Achmad; Penulis R. Th. Soengedi, dan Bendahara R. M. Soerachman.
Selanjutnya Panitia Triumviraat ini pada tanggal 5 Oktober 1957 membentuk yayasan dengan nama Yayasan Universitas Tawang Alun (disahkan dengan Akta Notaris tanggal 8 Maret 1958 Nomor 13 di Jember). Yayasan Universitas Tawang Alun inilah yang kemudian mendirikan universitas swasta di Jember dengan nama Universitas Tawang Alun yang kemudian disingkat UNITA. Dalam perjalanannya, ketiga tokoh tersebut mendapatkan dukungan penuh Bupati Jember saat itu, R. Soedjarwo.
Salah satu cara yang unik dalam mengumpulkan dana, R. Soedjarwo minta sumbangan dari masyarakat Kabupaten Jember berupa buah kelapa dan botol kosong untuk dijual. 
Jerih payah R. Soedjarwo dengan dibantu pihak-pihak terkait, akhirnya membuahkan hasil dengan terbitnya SK Menteri PTIP No 153 tahun 1964 tertanggal 9 November 1964 tentang Didirikannya Sebuah Universitas Negeri Jember.
Pada awal berdirinya pada tahun 1964, Universitas Negeri Djember yang disingkat UNED, memiliki lima fakultas, terdiri dari Fakultas Hukum di Jember, dengan cabangnya di Banyuwangi, Fakultas Sosial dan Politik dan Fakultas Pertanian di Jember, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra di Banyuwangi. Dengan rektor pertama dijabat oleh dr. R. Achmad.
Kepemimpinan dr. R. Achmad dilanjutkan oleh Letkol Soedi Harjohoedojo (1967-1969), Letkol Soetardjo, SH (1969-1978) dan Kolonel Drs. H.R. Warsito (1978-1986). Baru semenjak tahun 1986, rektor Universitas Jember dijabat oleh sivitas akademika-nya sendiri, yakni oleh Prof. Dr. Simanhadi Widyaprakosa (1986-1995), Prof. Dr. Kabul Santoso, M.S. (1995-2003), Dr. Ir. T. Sutikto, M.Sc. (2003-2012), dan Moch. Hasan, M. Sc., Ph.D (2012 - sampai kini). 





Ehh Ehh,, kalian tau ndak apa tugas pokok UNEJ ? sini aku kasih tau :)
 Universitas Jember didirikan dengan tugas pokok yaitu menyelenggarakan pendidikan tinggi dan memberikan pendidikan berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia dengan cara ilmiah yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam upaya mewujudkan tujuan nasional.
 VISI : Menjadi Universitas yang unggul dalam perkembangan sains, teknologi, dan seni berwawasan lingkungan bisnis dan pertanian industrial

MISI :
1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan akademik, vokasi dan profesi yang berkualitas dan berwawasan ecotechnopreneurship
2. Mengembangkan sains, teknologi dan seni inovatif, berwawasan lingkungan, bisnis, dan pertanian industrial untuk kesejahteraan masyarakat; 
3. Memberdayakan masyarakat agribisnis dengan menerapkan teknologi tepat guna berbasis kearifan lokal; 
4. Mengembangkan sistem pengelolaan Universitas yang akuntabel dan bertaraf Internasional; 
5. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholders dan lembaga lain di dalam dan di luar negeri; 

 Motto UNEJ adalah dalam rangka memberikan arah dalam meningkatkan kualitas masukan, proses, dan keluaran secara berkelanjutan, UNEJ telah merumuskan kebijakan mutu akademik. Intisari dari kebijakan mutu akademik tersebut adalah UNEJ akan selalu mengutamakan kualitas (quality first).


Inilah Fakultas yang terdapat di UNEJ sampai dengan Tahun Akademik 2012/2013, Universitas Jember mempunyai 13 Fakultas dan 2 Program Studi setara Fakultas yang terdiri dari 11 Program Studi jenjang Diploma, 40 Program Studi jenjang S-1, dan 8 Program Studi jenjang S-2, dan 1 Program Studi jenjang S-3 yaitu:
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Teknologi Pertanian
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Kedokteran 
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Farmasi 
  • Program Studi Ilmu Keperawatan 
  • Program Studi Sistem Informasi
  • Program Pasca Sarjana
Masing-masing Fakultas dan Program Studi setara Fakultas memiliki identitas dan kompetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan stakeholders.
Pascasarjana Universitas Jember sampai dengan saat ini menyelenggarakan beberapa Program Magister dan Doktor yaitu:
  1. Program Doktor Ilmu Administrasi dengan ijin penyelenggaraan Nomor : 2083/D/T/2008 tanggal 7 Juli 2008;
  2. Program Studi Magister Manajemen dengan ijin penyelenggaraan Nomor : 67/DIKTI/Kep/2007, tanggal 2 April 2007;
  3. Program Studi Magister Agronomi dengan Ijin penyelenggaraan Nomor: 67/DIKTI/Kep/2007, tanggal 2 April 2007;
  4. Program Studi Magister Ilmu Administrasi dengan ijin penyelenggaraan Nomor: 67/DIKTI/Kep/2007, tanggal 2 April 2007;
  5. Program Studi Magister Agribisnis dengan ijin penyelenggaraan Nomor ; 1702/D/T/K-N/2009, tanggal 27 Maret 2007;
  6. Program Studi Magister Ilmu Hukum dengan ijin penyelenggaraan Nomor : 1605/D/T/K-N/2009, tanggal 27 Maret 2009;
  7. Program Studi Magister Ilmu Ekonomi dengan ijin penyelenggaraan Nomor : 1607/D/T/K-N/2009, tanggal 27 Maret 2009;
  8. Program Studi Magister Sains Matematika dengan ijin penyelenggaraan Nomor : 1694/D/T/2009, tanggal 17 September 2009;
  9. Program Studi Magister Sains Biologi dengan ijin penyelenggaraan Nomor : 49/D/T/2010, tanggal 18 Januari 2010

1 Info lagii niih untuk kita semua di baca yaaa
 Ibarat hotel, Universitas Jember kini berkelas bintang dua di Asia. Penilaian ini diberikan oleh sistim rating QS Stars, sebuah lembaga yang berkonsentrasi untuk menilai sistim pendidikan di dunia dan berbasis di London, Inggris.

Di Indonesia, ada 17 institusi perguruan tinggi yang telah dirating dari 50 institusi yang mendaftarkan diri. Rating ini didasarkan pada performa perguruan tinggi atas sejumlah kriteria inti.

Dengan mendapat rating dua bintang, maka Unej bisa dianggap sebagai universitas yang aktif dalam bidang riset dan telah memiliki reputasi yang mapan di tingkat domestik. Institusi tersebut dianggap sebagai bagian kunci dari komunitas lokal dan siap untuk mengambil kesempatan masuk ke lingkup internasional.

sekiian info dari saya semoga bermanfaat .. ^_^  PING PING SALAM UNEJ teman-temanku


0 komentar:

Posting Komentar

 

Arum Dina Hidayati Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template