Minggu, 27 Oktober 2013

Lingkungan

REBOISASI



Apa itu reboisasi ? pastinya yang kita tau hanyalah Penghijauan kembali hutan yang telah gundul. Tapi kenapa masih saja ada orang yang suka menebang pohon tanpa ijin pemerintah ?
Padahal pohon penting sekali loh untuk kehidupan kita semua, yang seperti kita ketahui pohon itu berguna untuk :
1. Produsen
yaitu sebagai penyedia makanan atau produsen.
2. Menahan Laju Air dan Erosi
Fungsi pohon lainnya adalah untuk menahan laju air. Menurut penelitian, hutan mampu membuat lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah 60-80 persen. Dengan kemampuan ini, keberadaan pohon dapat meningkatkan cadangan air tanah. Selain dapat menahan laju air, akar pohon berfungsi erosi tanah. Tanah yang terkikis akan masuk ke aliran sungai dan menyebabkan terjadinya endapan.
3. Menjaga Kesuburan Tanah
Air hujan yang langsung jatuh ke tanah dapat menyebabkan lapisan tanah bagian atas yang berhumus dan subur menjadi tergerus sehingga mengakibatkan menurunnya kesuburan tanah. Bila permukaan tanah banyak ditanami pohon, saat hujan turun, butir-butir airnya tidak langsung menimpa permukaan tanah, tetapi ditahan oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi gaya gerus air terhadap tanah.
4. Menghasilkan Oksigen dan Mengurangi Karbondioksida
Oksigen adalah gas yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Sementara pohon, memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis yang menghasilkan gas oksigen dan gula. Di saat bersamaan atau saat fotosintesis berlangsung, tanaman menghisap gas karbondioksida.
Gas karbondioksida adalah gas yang sangat beracun. Bila dalam jumlah yang berlebihan, akan menimbulkan efek rumah kaca. Berdasarkan penelitian, setiap 1 hektar hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton O2
Nah diatas adalah beberapa contoh dari sekian banyak manfaat pohon bagi kelangsungan hidup kita, andai kita lebih memperhatikannya lagi, mungin tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata.
Mari kita lihat manfaat reboisasi itu sendiri :
Reboisasi mempunyai banyak dampak positif. Dengan diadakanya reboisasi pasti jarang terjadi bencana alam. Dengan adanya pelaksanaan reboisasi diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif dalam memelihara dalam memelihara kelestarian hidup di daerah tertentu.Berikut ini adalah Manfaat dan Fungsi dari Reboisasi antara lain:

  1. Mengurangi erosi tanah oleh angin dan air.
  2. Pelestraian kesuburan lahan pertanian sekitarnya.
  3. Kenaikan kadar air tanah.
  4. Perlindungan cekungan air tanah.
  5. Restorasi keanekaragaman hayati.
  6. Menghentikan ancaman penggurunan.
  7. Pencegahan banjir oleh penyimpanan air kapasitas tinggi di hutan.
  8. Di daerah pegunungan perlindungan terhadap longsoran.
  9. Pemanfaatan kayu atau eksploitasi buah, daun, dll.
  10. Penangkapan dan penyimpanan CO 2 untuk mengurangi efek rumah kaca (penyerapan CO 2)

Setelah kita tau manfat dari reboisasi itu pasti kita berfikir bagaimana caranya melakukan reboisasi .
Cara-Cara Melakukan Reboisasi
Pengolahan sumber daya alam mencakup beberapa upaya yang dilakukan secara terpadu dan bertahap. Upaya ini disebut sebagai upaya terpadu karena dalam pengelolahan terhadap beberapa kegiatan yang dilakukan bersama-sama yaitu melakukan reboisasi. Berikut cara-cara melakukan reboisasi :
1. Pemanfaatan lingkungan
2. Pengendalian lingkungan
3. Pengawasan lingkungan
4. Kegiatan pemuluhan
5. Dan kegiatan pengembangan lingkungan
Setelah semua itu dilakukan, baru kita melakukan reboisasi atau yang biasa kita sebut dengan penanaman pohon (GO GREEN).


Pesan saya adalah mari jaga lingkungan kita agar kita mendapat udara yang segar J jangan buang sampah sembarangan dan HIDUP GO GREEN demi masa depan kita yang lebih baik ^__^

0 komentar:

Posting Komentar

 

Arum Dina Hidayati Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template